Interaksi Obat dan Makanan

Saat ini saya sedang membantu seorang teman mengerjakan bahan presentasi PKMRS (Pelayanan Kesehatan Masyarakat Rumah Sakit) tentang interaksi obat dan makanan, jadi sekalian deh dishare di blog 🙂

Dalam masyarakat, pemakaian dua obat atau lebih atau penggunaan obat bersamaan dengan makanan tertentu sering terjadi. Hal ini memungkinkan terjadinya interaksi baik itu interaksi obat-obat maupun obat-makanan. kali ini saya akan lebih membahas tentang interaksi obat dan makanan.

Pada prinsipnya ada 2 kemungkinan interaksi obat dan makanan, yang pertama adalah interaksi yang dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan khasiat atau manfaat obat. Yang kedua adalah meningkatkan efek dari obat itu sendiri seperti membantu penyerapan obat tersebut, hal ini dapat berpengaruh pada peningkatan efektifitas obat tersebut. Namun jika obat tersebut memiliki efek terapi yang sempit maka hal ini dapat menyebabkan toksisitas.

Nah…berikut beberapa contoh obat-obat yang berinteraksi dengan makanan:

Orang yang menggunakan obat pengencer darah warfarin seharusnya tidak mengkonsumsi secara bersamaan makanan yang banyak mengandung vitamin K seperto brokoli, atau bayam. Vitamin K membantu pembekuan darah, sehingga melawan efek dari obat warfarin. Efek yang sebaliknya terjadi dengan vitamin E, bawang dan bawang putih, karena bahan-bahan ini menghaslkan efek yang mirip dengan efek warfarin. Konsumsi dalam jumlah besar dari makanan ini dapat menyebabkan efek warfarin menjadi terlalu kuat.

Penderita penyakit jantung yang sedang meminum obat digoxin, sebaiknya menghindari mengkonsumsi havermut-oatmeal. Kandungan serat tinggi di dalam havermut diketahui dapat menghambat proses absorpsi obat.

Obat antihipertensi ACEinhibitor (captopril dan golongannya=capoten, vasotec,accupril) jangan diminum bersama jus buah atau sayuran yang mengandung tinggi kalium/potasium (pisang, jeruk, sayuran berhijau daun).

Susu ketika menggunakan obat antibiotik tetrasiklin, calcium yang ada dalam susu akan mengikat tertrasiklin, membentuk senyawa yang tidak mungkin dapat diserap oleh tubuh ke dalam darah. Sehingga efek yang diharapkan dari obat tetrasiklin tidak akan terjadi.

Meminum segelas jus citrus bersamaan dengan suplemen yang mengandung zat besi akan sangat bermanfaat karena vitamin C yang ada dalam jus akan meningkatkan penyerapan zat besi.

Advertisements

Karimun Jawa “The Paradise”

Sedikit cerita tentang perjalanan saya dan beberapa teman berlibur ria ke karimun jawa di bulan Juli 2011 🙂

Dari sedikit bincang-bincang menjadi perbincangan yang panjang akhirnya kami memutuskan untuk mengisi liburan bulan Juli ke karimun jawa yang saat itu baru ngetrend2nya…sekaligus perayaan abis ujian skripsi….yeeeyyy 😀

Untuk perjalanan kali itu, kami menggunakan jasa semacam biro perjalanan gitu deh,jadi kita tinggal ikut jadwal tripnya aja…dari sekian banyak jasa biro perjalanan ke karimun yang kami temukan, akhirnya kami memilih biro perjalanan Karimun Jawa Murah di nama facebooknya atau sukawisata.com kalo cari di webnya. paket tour yang ditawarkan oke juga, jadi kita udah ga perlu mikirin tempat tinggal, makan, sewa perahu dll karna semua sudah masuk paket tour yang perlu kami pikirkan hanyalah transportasi dari jogja menuju jepara karna kami ngambil paket yang pake kapal feri dari jepara.

Berangkat dari Jogja jam 12 malam menggunakan travel, kami sampai di pelabuhan jepara sekitar jam 4 pagi kemudian menunggu sampai kapal feri datang dan bertemu dengan pihak dari travel agent. Pengalaman naik kapal feri itu sesuatuww BGT, bayangkan saja, 6 jam di atas kapal dengan posisi duduk di kursi2 yang kayak di ruang tunggu rumah sakit itu…capek, pegal, ngantuk, dll…biasanya ada jg yang menawarkan penyewaan kasur, yah lumayan buat merebahkan badan, walaupun harus tidur dibawah kaki orang. So, jika punya lebih banyak dana, naiklah kapal cepat Kartini yang waktu perjalanannya hanya 3 jam,hihihiii

Paket yang kami ambil itu 4 hari 3 malam, jadi hari pertama dihabiskan di kapal feri, sampai pulau karimunnya sore hari, istirahat, makan lalu jalan2 di sekitar situ. Nah, hari kedua ini yang asikk….kami bangun pagi kemudian siap2 pake baju mini2 😀 , sarapan kemudian duduk2 depan rumah (kami tinggal di homestay) nunggu jemputan pick up ke pelabuhan untuk naik perahu menuju pulau2 tujuan. Selain beach adventure, kita juga ke penangkaran hiu, snorkling di spot2 bagus dan berfoto bersama ikan2, menikmati sunset dan makan ikan bakar 🙂